Patut Ditiru, PRM Prenggan Kotagede Gelar Pelatihan Khatib Jumat

Fastabiq.id - Bagian Tabligh PRM Prenggan menyelenggarakan Pelatihan Khatib Jumat lanjutan. Acara diselenggarakan pada Jumat (12/01/2024) bertempat di Masjid Perak. Acara Pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan yang telah digelar sebelumnya.



Tujuan pelatihan khatib ini antara lain mencetak kader-kader imam dan Khotib baru dan membentuk kader khatib yang mampu melaksanakan tugasnya secara profesional dan ber-akhlakul karimah (akhlak yang mulia). 

Baca Juga :  Tujuh Perguruan Tinggi Muhammadiyah Berpredikar Unggul

Materi pelatihan yang disampaikan pada hari pertama antara lain Makhorijul Huruf  oleh Ganjar Wibowo, Keimaman dan syarat, oleh Eko Agus Wibowo. Sedangkan pada pelatihan kedua praktek  khutbah yang didampingi Eko Agus Wibowo.



Setiap peserta akan praktek menjadi khatib jum'at secara bergantian. Dimulai dengan salam,  khutbah hingga doa. Demikian seterusnya dan bergantian. Dalam proses tersebut pendamping dan peserta untuk memberikan saran dan kritik agar khutbah bisa berkualitas.


Untuk proses tindak lanjut berikutnya, Bagian Tabligh juga menggandeng Takmir Masjid di wilayah Prenggan untuk bisa memberikan kesempatan dan pendampingan sampai semua peserta mampu menjadi khatib dan terbentuk korp muballigh yang siap memenuhi kebutuhan khatib setidaknya untuk wilayah PRM Prenggan. Dengan demikian, kedepan tidak akan ada lagi masjid yang batal menyelenggarakan jum'at karena kekurangan khatib. [rls]

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama