Viralkan, 7 Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiah Berpredikat Unggul

Fastabiq.id – Muhammadiyah dikenal dengan keberhasilan dalam mengelola amal usaha pendidikan. Sehingga sumbahsih Muhammadiyah kepada Bangsa Indonesia tidak bisa terbantahkan. Jauh sebelum lahirnya sekolah-sekolah negeri, amal usaha pendidikan Muhammadiyah telah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hingga kini institusi pendidikan yang dikelola Muhammadiyah terus mengalami kemajuan. Beberapa perguruan tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiah bersahil meraih predikat unggul. Berikut tujuh Perguruan Tinggi Muhammadiyah - ;Aisyiah (PTMA) berpredikat unggul.

Dilansir hasil laporan dari laman resmi BAN–PT dan universitas PTMA, Sabtu, (6/1/2024). Berikut daftar nama-nama kampus Muhammadiyah yang terakreditasi Unggul, seperti dimuat pada laman muhammadiyah.or.id

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY terus menorehkan prestasi sebagai institusi pendidikan unggulan sejak didirikan pada 1 Maret 1981. Komitmennya terhadap keunggulan akademik dan nilai-nilai Islami, UMY yang berlokasi di Jalan Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, telah mendapat akreditasi BAN-PT sebanyak tiga kali dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, yakni pada tahun 2013 dan 2018, terakreditasi A, dan pada tahun 2022 mendapat akreditasi Unggul.

www.muhammadiyah.or.id

2. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor 393/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2023, Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menetapkan peringkat akreditasi perguruan tinggi UAD Unggul. Status akreditasi ini berlaku terhitung mulai 30 Mei 2023 hingga 11 Oktober 2027.

www.news.uad.ac.id


3. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Hingga sekarang, UMS terus menjaga standar mutu pendidikan tinggi. Setelah meraih Akreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2017, UMS meningkatkan akreditasi menjadi Unggul pada tahun 2021 dan berlaku hingga tahun 2026 berdasarkan nomor SK 1057/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/XII/2021 untuk akreditasi institusi.

www.ums.ac.id


4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

UMM telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2013. Kemudian pada tahun 2021, UMM kembali mendapatkan akreditasi terbaik dengan predikat Unggul. Akreditasi ini berlaku hingga tahun 2027.

www.umm.ac.id

5. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka)

Uhamka  saat ini telah memiliki sembilan fakultas dan sekolah pascasarjana. Setelah tahun 2022 Uhamka meraih peringkat 22 universitas Islam terbaik dunia, pada tahun 2023 Uhamka meraih posisi sebagai universitas Islam terbaik 1 di Indonesia dan 9 dunia. Hal ini tentu menjadi capaian yang luar biasa sebagai kampus swasta milik organisasi Islam terbesar dunia yakni Muhammadiyah.

www.uhamka.ac.id


6. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Tahun 2015, UMSU meraih akreditasi B oleh BAN-PT, dan pada tahun 2019 berhasil meraih predikat akreditasi A. Predikat tersebut membuat UMSU menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di Pulau Sumatera yang berhasil meraih peringkat akreditasi A dan kedua di Indonesia di luar Pulau Jawa.

www.umsu.ac.id


7. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

UM Purwokerto berhasil mendapatkan akreditasi B berdasarkan nomor SK 75/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/IV/2020 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Kemudian, tepat pada 30 Agustus 2023, UMP melangkah jauh dengan mencapai akreditasi Unggul dari BAN-PT dengan Nomor SK: 557/SK/BAN-PT/Ak/PT/VIII/2023.

www.ump.ac.id

Sumber: muhammadiyah.or.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama